Senin, 04 September 2023

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) BAHASA BALI FASE A



 ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP)

MUATAN LOKAL BAHASA BALI FASE-A (KELAS I,II SD)

SD NOMOR 2 KEKERAN

 

 

MATERI, ELEMEN, TUJUAN PEMBELAJARAN

PROFIL PELAJAR PANCASILA

ALOKASI WAKTU

PEMAHAMAN BERMAKNA

KATA KUNCI

INDIKATOR PENILAIAN 

GLOSARIUM

I. BEBAOSAN (TATA CARA MAKENALAN, TATA CARA MATAKON, ADAN UNDAGAN KULAWARGA, TATA CARA NYAGA KESELAMATAN)

Beriman,

Mandiri,

Bernalar kritis,

Kreatif,

Gotong royong,

Berkebinekaan global

12 JP

Tata cara makenalan inggih punika tata cara nyinahang padewekan ring anak sane durung kauningin.

Tata cara matakon inggih punika tata cara nakenin napi sane durung kauingin mangda prasida uning.

Adan undagan kulawarga minakadi :

Kumpi, pekak, dadong, bapa, meme, iwa, beli, embok, adi,

Tata cara nyaga keselamatan minakadi :

Tata tertib ring margi, patut mamargi ring sisi kiwa, nyebrang patut zebra cross tur nguratiang kiwa lan tengen.

 

Kawigunan paplajahan puniki mangda para sisiane uning carane makenalan,  matakon lan adan undagan kulawarga lan tata cara nyaga keselamatan kaanggen dasar mabasa Bali.

Tata cara

Makenalan,

Matakon.

Nyaga keselamatan

1. Peserta didik dapat menjelaskan definisi tata cara makenalan, tata cara matakon, adan undagan kulawarga, tata cara nyaga keselamatan dengan penilaian dalam bentuk tes atau sejenisnya.

 

2. Peserta didik dapat menelaah tata cara makenalan, tata cara matakon, adan undagan kulawarga, tata cara nyaga keselamatan dengan penilaian dalam bentuk tes atau sejenisnya.

 

3. Peserta didik dapat menentukan tata cara makenalan, tata cara matakon, adan undagan kulawarga, tata cara nyaga keselamatan dengan penilaian keterampilan.

 

4.  Peserta didik dapat menciptakan teks tata cara makenalan, tata cara matakon, adan undagan kulawarga, tata cara nyaga keselamatan dengan penilaian keterampilan

 

 

tata cara, makenalan, matakon, nyinahang,

padewekan.

Kiwa

Tengen

 zebra cross

trotoar

A.  Menyimak

A.1

Peserta didik secara mandiri dan kritis mampu menemukan kata-kata yang sulit dalam tata cara makenalan, tata cara matakon, adan undagan kulawarga, tata cara nyaga keselamatan yang disimak melalui teks, video/ rekaman yang disajikan guru.

A.2

Peserta didik secara mandiri dan kritis mampu menafsirkan arti kata-kata yang sulit dalam tata cara makenalan, tata cara matakon, adan undagan kulawarga, tata cara nyaga keselamatan yang disimak melalui teks, video/rekaman yang disajikan guru.

A.3

Peserta didik secara mandiri dan kritis mampu menerangkan definisi tata cara makenalan, tata cara matakon, adan undagan kulawarga, tata cara nyaga keselamatan yang disimak melalui video/rekaman yang disajikan guru.

A.4

Peserta didik mampu menggambarkan topik tata cara makenalan, tata cara matakon, adan undagan kulawarga, tata cara nyaga keselamatan melalui video/rekaman secara mandiri dan kritis.

B.     Membaca dan memirsa

B.1

Peserta didik mampu menelaah tata cara makenalan, tata cara matakon, adan undagan kulawarga, tata cara nyaga keselamatan yang disimak secara logis, kritis, dan kreatif.

B.2

Peserta didik mampu menemukan isi tata cara makenalan, tata cara matakon, adan undagan kulawarga, tata cara nyaga keselamatan yang dibaca untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat secara logis, kritis, dan kreatif.

B.3

Peserta didik mampu memadukan isi tata cara makenalan, tata cara matakon, adan undagan kulawarga, tata cara nyaga keselamatan secara logis, kritis, dan kreatif.

 

C.     Berbicara dan Presentasi

C.1

Peserta didik mampu menentukan tata cara makenalan, tata cara matakon, adan undagan kulawarga, tata cara nyaga keselamatan secara kreatif dan logis.

C.2

Peserta didik mampu mengurutkan tata cara makenalan, tata cara matakon, adan undagan kulawarga, tata cara nyaga keselamatan secara kreatif dan logis.

C.3

Peserta didik mampu mensimulasikan tata cara makenalan, tata cara matakon, adan undagan kulawarga, tata cara nyaga keselamatan sesuai dengan topik dan tetikesan secara runut, kreatif dan logis.

D.    Menulis

D.1

Peserta didik mampu mendesain teks tata cara makenalan, tata cara matakon, adan undagan kulawarga, adan undagan kulawarga, tata cara nyaga keselamatan sesuai topic secara logis, kritis, serta kreatif.

D.2

Peserta didik mampu menciptakan teks tata cara makenalan, tata cara matakon, adan undagan kulawarga, tata cara nyaga keselamatan sesuai topik secara logis, kritis, serta kreatif.

D.3

Peserta didik mampu menunjukan teks sembrama waca tata cara makenalan, tata cara matakon, adan undagan kulawarga, tata cara nyaga keselamatan sesuai topik secara logis, kritis, serta kreatif.

 

 

 

 

 

 

II. ANGKA (ANGKA, ANGKA 1-25)

Beriman,

Mandiri,

Bernalar kritis,

Kreatif,

Gotong royong,

Berkebinekaan global

16 JP

Angka inggih punika simbol utawi lambang sane kaanggen nyinahang wilangan.

 

Angka 1-10 :

1 = besik

2 = dua

3 = telu

4 = papat

5 = lima

6 = nenem

7 = pitu

8 = kutus

9 = sia

10 = dasa

 

Angka 11-25

11 = solas

12 = roras

13 = telulas

14 = patbelas

15 = limolas

16 = nembelas

17 = pitulas

18 = plekutus

19 = sia ngolas

20 = duang dasa

21 = selikur

22 = dua likur

23 = telu likur

24 = pat likur

25 = selae

 

Kawigunan paplajahan puniki mangda para sisiane uning carane mapetekan nganggen basa Bali.

 

Angka, Angka 1 – 25

1. Peserta didik dapat menyebutkan angka, angka 1 – 25 dalam sebuah punggelan kalimat pendek sederhana dengan penilaian dalam bentuk tes atau sejenisnya.

 

2. Peserta didik dapat menganalisis angka, angka 1 – 25 dalam punggelan wacana sederhana dengan penilaian dalam bentuk tes atau sejenisnya.

 

3. Peserta didik dapat menggunakan angka, angka 1 – 25 dalam kalimat dengan penilaian keterampilan.

 

4.  Peserta didik dapat menulis wacana singkat dan sederhana dengan angka, angka 1 – 25 dengan penilaian keterampilan.

 

Angka,

Solas

Roras

Plekutus

Selikur

Selae

 

A. Menyimak

A.13

Peserta didik secara mandiri dan kritis mampu menyebutkan angka, angka 1 – 25 disimak dari teks atau rekaman yang disajikan guru.

A.14

Peserta didik secara mandiri dan kritis mampu mengelompokkan angka, angka 1 – 25 dari wacana yang disajikan guru.

A.15

Peserta didik secara mandiri dan kritis mampu menemukan angka, angka 1 – 25 dari wacana yang disajikan guru.

B. Membaca dan memirsa

B.14

Peserta didik mampu menelaah angka, angka 1 – 25 secara logis, kritis, dan kreatif.

B.15

Peserta didik mampu menemukan angka, angka 1 – 25 secara logis, kritis, dan kreatif.

B.16

Peserta didik mampu menelaah penggunaan angka, angka 1 – 25 secara logis, kritis, dan kreatif.

C. Berbicara dan Presentasi

C.13

Peserta didik mampu menggunakan angka, angka 1 – 25 dalam kalimat singkat secara kreatif dan logis.

C.14

Peserta didik mampu menggunakan angka, angka 1 – 25 dalam wacana singkat secara kreatif dan logis.

C.15

Peserta didik mampu menyempurnakan penggunaan angka, angka 1 – 25 dalam kalimat secara kreatif dan logis.

D. Menulis

D.12

Peserta didik mampu menulis angka, angka 1 – 25 secara mandiri, kritis, serta kreatif.

D.13

Peserta didik mampu memproduksi angka, angka 1 – 25 basa secara mandiri, kritis, serta kreatif.

III. ADAN (ADAN DINA, ADAN DAUH DAN ADAN BENCANA)

Beriman,

Mandiri,

Bernalar kritis,

Kreatif,

Gotong royong,  Berkebinekaan  global

16 JP

Adan dina minakadi :

Redite = Minggu

Soma = Senin

Anggara = Selasa

Buda = Rabu

Wraspati = Kamis

Sukra = Jumat

Saniscara = Sabtu

 

Adan dauh minakadi :

Semengan, tengai, sanja, peteng, ibi, jani, buin mani, buin puan, msl.

 

 

Kawigunan paplajahan puniki mangda para sisiane uning adan dina lan adan dauh mabasa Bali.

adan dina, adan dauh dan adan bencana

1. Peserta didik dapat menyebutkan adan dina, adan dauh dan adan bencana dalam punggelan wacana pendek sederhana dengan penilaian dalam bentuk tes atau sejenisnya.

 

2. Peserta didik dapat menemukan jenis-jenis adan dina, adan dauh dan adan bencana dalam kalimat dengan penilaian dalam bentuk tes atau sejenisnya.

 

3. Peserta didik dapat menggunakan adan dina, adan dauh dan adan bencana dalam kalimat dengan penilaian keterampilan.

 

4.  Peserta didik dapat menulis kalimat menggunakan adan dina, adan dauh dan adan bencana dengan penilaian keterampilan.

 

adan dina, adan dauh

A. Menyimak

A.13

Peserta didik secara mandiri dan kritis mampu menyebutkan adan dina, adan dauh dan adan bencana yang disimak dari teks atau rekaman yang disajikan guru.

A.14

Peserta didik secara mandiri dan kritis mampu menemukan adan dina, adan dauh dan adan bencana dari wacana yang disajikan guru.

 

 

B. Membaca dan memirsa

B.13

Peserta didik mampu menelaah adan dina, adan dauh dan adan bencana secara logis, kritis, dan kreatif.

B.14

Peserta didik mampu menemukan jenis-jenis adan dina, adan dauh dan adan bencana secara logis, kritis, dan kreatif.

 

 

C. Berbicara dan Presentasi

C.13

Peserta didik mampu menggunakan adan dina, adan dauh dan adan bencana secara kreatif dan logis.

C.14

Peserta didik mampu menyempurnakan penggunaan adan dina, adan dauh dan adan bencana dalam kata dan kalimat secara kreatif dan logis.

 

 

D. Menulis

D.12

Peserta didik mampu menulis lengkara dengan menggunakan adan dina, adan dauh dan adan bencana secara mandiri, kritis, serta kreatif.

D.13

Peserta didik mampu memproduksi wacana singkat sederhana adan dina, adan dauh dan adan bencana secara mandiri, kritis, serta kreatif.

IV. PENGALAMAN (PENGALAMAN, GEGINAN DADI MURID)

Beriman,

Mandiri,

Bernalar kritis,

Kreatif,

Gotong royong,

Berkebinekaan  global

16 JP

Pengalaman punika wenten sane becik miwah sane kaon.

Pengalaman sane becik ngawinang manahe liang.

Pengalaman sane kaon ngawinang manahe sebet.

 

Kawigunan paplajahan puniki mangda para sisiane waged nguningayang pengalamannyane nganggen basa Bali.

pengalaman

geginan dadi murid

1. Peserta didik dapat menyebutkan pengalaman geginan dadi murid dengan penilaian dalam bentuk tes atau sejenisnya.

 

2. Peserta didik dapat menemukan jenis-jenis pengalaman geginan dadi murid dengan penilaian dalam bentuk tes atau sejenisnya.

 

3. Peserta didik dapat menggunakan pengalaman, geginan dadi murid dengan penilaian keterampilan.

 

4.  Peserta didik dapat menulis pengalaman, geginan dadi murid dengan penilaian keterampilan.

 

Pengalaman

 geginan dadi murid

kaon

becik

 

A. Menyimak

A.13

Peserta didik secara mandiri dan kritis mampu menemukan pengalaman, geginan dadi murid yang disimak dari teks atau rekaman yang disajikan guru.

A.14

Peserta didik secara mandiri dan kritis mampu membedakan pengalaman dari wacana yang disajikan guru.

 

 

B. Membaca dan memirsa

B.13

Peserta didik mampu menelaah pengalaman geginan dadi murid secara logis, kritis, dan kreatif.

B.14

Peserta didik mampu menemukan jenis-jenis pengalaman geginan dadi murid secara logis, kritis, dan kreatif.

 

 

C. Berbicara dan Presentasi

C.13

Peserta didik mampu mempresentasikan hasil diskusi tentang pengalaman, geginan dadi murid secara kreatif dan logis.

C.14

Peserta didik mampu menyimpulkan  tentang pengalaman, geginan dadi murid secara kreatif dan logis.

 

 

D. Menulis

D.12

Peserta didik mampu menulis pengalaman teman, geginan dadi murid secara mandiri, kritis, serta kreatif.

D.13

Peserta didik mampu memproduksi wacana singkat sederhana tentang pengalaman, geginan dadi murid secara mandiri, kritis, serta kreatif.

VI. ADAN WARNA

Beriman,

Mandiri,

Bernalar kritis,

Kreatif,

Gotong royong,

Berkebinekaan global

12 JP

Adan – adan warna basa Bali minakadi :

Petak/putih = putih

Ireng/cemeng/badeng/selem = hitam

Bang/barak = merah

Jenar/Kuning = kuning

Wilis/Gadang = hijau

Pelung = biru

Kudrang/nasak gedang = jingga/oranye

Dadu/Barak  nguda = merah muda

Klau = Abu – abu

Tangi = Ungu

 

Kawigunan paplajahan puniki mangda para sisiane waged tur pascat indik adan warna.

adan warna

1. Peserta didik dapat menafsirkan isi adan warna dengan penilaian dalam bentuk tes atau sejenisnya.

 

2. Peserta didik dapat menemukan adan warna dengan penilaian dalam bentuk tes atau sejenisnya.

 

3. Peserta didik dapat mengkreasikan warna dengan penilaian keterampilan.

 

4.  Peserta didik dapat menafsirkan adan warna dengan penilaian keterampilan.

 

 

adan warna

A. Menyimak

A.10

Peserta didik secara mandiri dan kritis mampu menjelaskan adan warna dari video/rekaman yang disajikan guru.

A.11

Peserta didik secara mandiri dan kritis mampu menafsirkan adan warna yang disimak dari video/rekaman yang disajikan guru.

A.12

Peserta didik secara mandiri dan kritis mampu menemukan jenis adan warna yang disimak dari video/rekaman yang disajikan guru.

B. Membaca dan memirsa

B.11

Peserta didik mampu mencari adan warna yang disimak secara logis, kritis, dan kreatif.

B.12

Peserta didik mampu menemukan adan warna dalam suatu teks wacana yang dibaca secara logis, kritis, dan kreatif.

B.13

Peserta didik mampu mengklasifikasikan adan warna dalam suatu teks wacana yang dibaca secara logis, kritis, dan kreatif.

C. Berbicara dan Presentasi

C.10

Peserta didik mampu menafsirkan adan warna secara kreatif dan logis.

C.11

Peserta didik mampu mensimulasikan adan warna secara kreatif dan logis.

 

 

D. Menulis

D.10

Peserta didik mampu merancang adan warna secara logis, kritis, serta kreatif.

D.11

Peserta didik mampu melatih mewarnai secara kreatif dan logis.

 

VII. PIRANTI MASEKOLAH, PIRANTI MAKEDAS – KEDAS, PARILAKSANA IDUP BERSIH DAN SEHAT

Beriman,

Mandiri,

Bernalar kritis,

Kreatif,

Gotong royong,

Berkebinekaan   global

8 JP

Piranti inggih punika sarana sane kaanggen ngwantu swagina sadina-dina.

Piranti sekolah minakadi :

Baju seragam, buku, potlot, tas, sepatu, meja, msl.

Piranti makedas-kedas minakadi :

Sampat lidi, sampat duk, serok, ember, lap, pengepelan, msl.

Parilaksana idup bersih dan sehat inggih punika minakasi :

Manjus, mesugi, nyikatang gigi, mambuh, ngetep kuku, manting, msl.

 

Kawigunan paplajahan puniki mangda para sisiane uning piranti masekolah, piranti makedas-kedas, parilaksana idup bersih dan sehat mabasa Bali.

piranti masekolah, piranti makedas-kedas, parilaksana idup bersih dan sehat

1. Peserta didik dapat menentukan jenis-jenis piranti masekolah, piranti makedas-kedas, parilaksana idup bersih dan sehat dengan penilaian dalam bentuk tes atau sejenisnya.

 

2. Peserta didik dapat menerangkan contoh-contoh piranti masekolah, piranti makedas-kedas, parilaksana idup bersih dan sehat dengan penilaian dalam bentuk tes atau sejenisnya.

 

3. Peserta didik dapat menerapkan contoh piranti masekolah, piranti makedas-kedas, parilaksana idup bersih dan sehat dalam kalimat dengan penilaian keterampilan.

 

4.  Peserta didik dapat menggunakan piranti masekolah, piranti makedas-kedas, parilaksana idup bersih dan sehat dalam teks percakapan dengan penilaian keterampilan.

 

 

piranti masekolah, piranti makedas-kedas, parilaksana idup bersih dan sehat

A. Menyimak

A.7

Peserta didik secara mandiri dan kritis mampu menjelaskan piranti masekolah, piranti makedas-kedas, parilaksana idup bersih dan sehat yang disimak dari materi yang disajikan guru.

 

A.8

Peserta didik secara mandiri dan kritis mampu menentukan jenis-jenis piranti masekolah, piranti makedas-kedas, parilaksana idup bersih dan sehat yang disimak dari materi yang disajikan guru.

 

A.9

Peserta didik secara mandiri dan kritis mampu menemukan contoh-contoh piranti masekolah, piranti makedas-kedas, parilaksana idup bersih dan sehat yang disimak dari materi yang disajikan guru.

 

B. Membaca dan memirsa

B.8

Peserta didik mampu menelaah contoh-contoh piranti masekolah, piranti makedas-kedas, parilaksana idup bersih dan sehat secara logis, kritis, dan kreatif.

B.9

Peserta didik mampu menerangkan piranti masekolah, piranti makedas-kedas, parilaksana idup bersih dan sehat dalam kalimat secara logis, kritis, dan kreatif.

B.10

Peserta didik mampu memadukan contoh piranti masekolah, piranti makedas-kedas, parilaksana idup bersih dan sehat dalam suatu wacana singkat sederhana secara logis, kritis, dan kreatif.

 

C. Berbicara dan Presentasi

C.7

Peserta didik mampu menyeleksi piranti masekolah, piranti makedas-kedas, parilaksana idup bersih dan sehat secara kreatif dan logis.

C.8

Peserta didik mampu menerapkan piranti masekolah, piranti makedas-kedas, parilaksana idup bersih dan sehat secara kreatif dan logis.

C.9

Peserta didik mampu mensimulasikan piranti masekolah, piranti makedas-kedas, parilaksana idup bersih dan sehat dalam komunikasi secara, kreatif dan logis.

D. Menulis

D.7

Peserta didik secara kritis, serta kreatif mampu melatih menggunakan piranti masekolah, piranti makedas-kedas, parilaksana idup bersih dan sehat dalam teks dialog sederhana.

D.8

Peserta didik mampu menyempurnakan penggunaan piranti masekolah, piranti makedas-kedas, parilaksana idup bersih dan sehat secara kritis, kreatif dan logis,

 

 

 

 

 

 

VIII. ADAN BEBURON, ADAN ENTIK – ENTIKAN, ADAN UBUH-UBUHAN, ADAN WOH-WOHAN

Beriman,

Mandiri,

Bernalar kritis,

Kreatif,

Gotong royong,

Berkebinekaan  global

16 JP

Adan Beburon minakadi :

Macan, Singa, Gajah, Celeng, sampi, cicing, singa, siap, bebek, kedis, uled, lelipi, bojog, msl.

Adan Entik-entikan minakadi :

Entik nyuh, biu, gedang, salak, poh, duren, cepaka, tunjung, msl.

Adan ubuh-ubuhan : Celeng, siap, bebek, sampi, msl.

Adan Woh-wohan minakadi :

Semaga, semangka, poh, ceroring, manggih, duren, kepundung, juwet, sentul, badung, msl.

 

Kawigunan paplajahan puniki mangda para sisiane uning adan beburon, adan entik-entikan, adan ubuh-ubuhan, adan woh-wohan nganggen basa Bali.

adan beburon, adan entik-entikan, adan ubuh-ubuhan, adan woh-wohan

1. Peserta didik dapat menjelaskan tentang adan beburon, adan entik-entikan, adan ubuh-ubuhan, adan woh-wohan yang disimak dari video atau rekaman dengan penilaian dalam bentuk tes atau sejenisnya.

 

2. Peserta didik dapat menemukan adan beburon, adan entik-entikan, adan ubuh-ubuhan, adan woh-wohan yang disimak dengan penilaian dalam bentuk tes atau sejenisnya.

 

3. Peserta didik dapat membaca adan beburon, adan entik-entikan, adan ubuh-ubuhan, adan woh-wohan dengan penilaian keterampilan.

 

4.  Peserta didik dapat menulis adan beburon, adan entik-entikan, adan ubuh-ubuhan, adan woh-wohan dengan penilaian keterampilan.

 

 

adan beburon, adan entik-entikan, adan ubuh-ubuhan, adan woh-wohan

A. Menyimak

A.10

 

 

 

 

 

Peserta didik secara mandiri dan kritis mampu menjelaskan adan beburon, adan entik-entikan, adan ubuh-ubuhan, adan woh-wohan yang disimak dari video/rekaman yang disajikan guru.

A.11

Peserta didik secara mandiri dan kritis mampu menafsirkan adan beburon, adan entik-entikan, adan ubuh-ubuhan, adan woh-wohan yang disimak dari membaca, video/rekaman yang disajikan guru.

A.12

Peserta didik secara mandiri dan kritis mampu menemukan adan beburon, adan entik-entikan, adan ubuh-ubuhan, adan woh-wohan yang disimak dari video/rekaman yang disajikan guru.

B. Membaca dan memirsa

B.11

Peserta didik mampu menelaah adan beburon, adan entik-entikan, adan ubuh-ubuhan, adan woh-wohan yang dibaca secara logis, kritis, dan kreatif.

B.12

Peserta didik mampu menemukan adan beburon, adan entik-entikan, adan ubuh-ubuhan, adan woh-wohan yang dibaca secara logis, kritis, dan kreatif.

B.13

Peserta didik mampu mengklasifikasikan adan beburon, adan entik-entikan, adan ubuh-ubuhan, adan woh-wohan yang dibaca secara logis, kritis, dan kreatif.

C. Berbicara dan Presentasi

C.10

Peserta didik mampu menafsirkan adan beburon, adan entik-entikan, adan ubuh-ubuhan, adan woh-wohan secara kreatif dan logis.

C.11

Peserta didik mampu melatih membaca adan beburon, adan entik-entikan, adan ubuh-ubuhan, adan woh-wohan secara kreatif dan logis.

C.12

Peserta didik mampu mempresentasikan adan beburon, adan entik-entikan, adan ubuh-ubuhan, adan woh-wohan secara kreatif dan logis.

D. Menulis

D.10

Peserta didik mampu menulis adan beburon, adan entik-entikan, adan ubuh-ubuhan, adan woh-wohan sesuai tema secara logis, kritis, serta kreatif.

D.11

Peserta didik mampu memproduksi kalimat menggunakan adan beburon, adan entik-entikan, adan ubuh-ubuhan, adan woh-wohan secara logis, kritis, serta kreatif.

IX. SATUA BALI, PARILAKSANA IDUP ADUNG

Beriman,

Mandiri,

Bernalar kritis,

Kreatif,

Gotong royong,

Berkebinekaan  global

12 JP

Prosa taler kabaos Gancaran ring Basa Bali. Gancaran inggih punika kria sastra sane nenten kaiket antuk uger-uger taler kabaos karangan bebas..

Cerpen  inggih punika karya sastra sane marupa wangun gancaran (prosa), sane pemargin caritannyane cutet  sane nyaritayang indik kawentenan kahuripan imanusa ring jagate puniki antuk pamargin carita  sane madaging wicara-wicara utawi konflik utawi insiden sane kajangkepin ring sajeroning pangawit carita nyantos ring kapanguntat carita.

Kawigunan paplajahan puniki mangda para sisiane waged tur pascat indik kasusastraan Bali, utamanipun kasusastraan Bali Anyar marupa prosa/gancaran (cerpen).

satua Bali, parilaksana idup adung

1. Peserta didik dapat menafsirkan satua Bali, parilaksana idup adung dengan penilaian dalam bentuk tes atau sejenisnya.

 

2. Peserta didik dapat menemukan penokohan dalam satua Bali, parilaksana idup adung dengan penilaian dalam bentuk tes atau sejenisnya.

 

3. Peserta didik dapat menulis satua Bali, parilaksana idup adung dengan penilaian keterampilan.

 

4.  Peserta didik dapat menafsirkan amanat satua Bali, parilaksana idup adung dengan penilaian keterampilan.

 

 

satua Bali, parilaksana idup adung

A. Menyimak

A.10

Peserta didik secara mandiri dan kritis mampu menjelaskan satua Bali, parilaksana idup adung yang disimak dari video/rekaman yang disajikan guru.

A.11

Peserta didik secara mandiri dan kritis mampu menafsirkan satua Bali, parilaksana idup adung yang disimak dari video/rekaman yang disajikan guru.

A.12

Peserta didik secara mandiri dan kritis mampu menemukan satua Bali, parilaksana idup adung yang disimak dari video/rekaman yang disajikan guru.

B. Membaca dan memirsa

B.11

Peserta didik mampu menelaah satua Bali, parilaksana idup adung yang dibaca secara logis, kritis, dan kreatif.

B.12

Peserta didik mampu menemukan tokoh-tokoh (pregina) satua Bali, parilaksana idup adungyang dibaca secara logis, kritis, dan kreatif.

B.13

Peserta didik mampu mengklasifikasikan karakter tokoh (penokohan) satua Bali, parilaksana idup adung yang dibaca secara logis, kritis, dan kreatif.

C. Berbicara dan Presentasi

C.10

Peserta didik mampu menafsirkan amanat satua Bali, parilaksana idup adung secara kreatif dan logis.

C.11

Peserta didik mampu melatih bermain peran dalam satua Bali, parilaksana idup adung secara kreatif dan logis.

C.12

Peserta didik mampu mensimulasikan bermain peran satua Bali, parilaksana idup adung secara kreatif dan logis.

D. Menulis

D.10

Peserta didik mampu menulis satua Bali, parilaksana idup adung secara logis, kritis, serta kreatif.

D.11

Peserta didik mampu memproduksi satua Bali, parilaksana idup adung secara logis, kritis, serta kreatif.

 

 

 

 

 

 

 

 

X. SEKAR RARE

Beriman,

Mandiri,

Bernalar kritis,

Kreatif,

Gotong royong,

Berkebinekaan   global

8 JP

Sekar rare inggih punika sekar/ gendingan sane anggen nyelimurang manah/ keneh apang dadi liang, demen lan bagia.

Minakadi, Ratu Anom, Meong-meong, jenggot uban, msl.

 

 

sekar rare 

1. Peserta didik dapat menjelaskan definisi sekar rare dengan penilaian dalam bentuk tes atau sejenisnya.

 

2. Peserta didik dapat membaca sekar rare dengan penilaian dalam bentuk tes atau sejenisnya.

 

3. Peserta  didik dapat mensimulasikan sekar rare dengan penilaian keterampilan

 

4.  Peserta didik dapat menyalin sekar rare ke dalam aksara Bali dengan penilaian keterampilan

 

 

sekar rare 

A.    Menyimak

A.5

Peserta didik secara mandiri dan kritis mampu menemukan kruna yang sulit dari sekar rare  yang disimak dari teks atau rekaman yang disajikan guru.

 

A.6

Peserta didik secara mandiri dan kritis mampu menjelaskan sekar rare  yang disimak dari teks atau rekaman yang disajikan guru.

 

B.Membaca dan memirsa

B.4

Peserta didik secara kritis, dan kreatif. Mampu membaca teks sekar rare  dengan ejaan yang benar

B.5

Peserta didik secara kritis, dan kreatif. Mampu menemukan makna yang tersurat dan tersirat sekar rare  yang dipirsanya

 

 

 

 

C. Berbicara dan Presentasi

C.4

Peserta didik secara kritis dan kreatif mampu melatih melantunkan sekar rare.

C.5

Peserta didik mampu mendemonstrasikan sekar rare secara mandiri dan logis.

 

 

D. Menulis

D.4

Peserta didik mampu menulis teks sekar rare secara logis, kritis, serta kreatif.

D.5

Peserta didik mampu menunjukkan teks sekar rare sesuai topic secara logis, kritis, serta kreatif.

 

XI. KRUNA MATUNGKALIK, ARAH MATA ANGIN

Beriman,

Mandiri,

Bernalar kritis,

Kreatif,

Gotong royong,

Berkebinekaan   global

8 JP

Sekar rare inggih punika sekar/ gendingan sane anggen nyelimurang manah/ keneh apang dadi liang, demen lan bagia.

Minakadi, Ratu Anom, Meong-meong, jenggot uban, msl.

 

 

kruna matungkalik, arah mata angin

1. Peserta didik dapat menjelaskan definisi kruna matungkalik, arah mata angin dengan penilaian dalam bentuk tes atau sejenisnya.

 

2. Peserta didik dapat membaca kruna matungkalik, arah mata angin dengan penilaian dalam bentuk tes atau sejenisnya.

 

3. Peserta  didik dapat mensimulasikan kruna matungkalik, arah mata angin dengan penilaian keterampilan

 

4.  Peserta didik dapat menyalin kruna matungkalik, arah mata angin ke dalam aksara Bali dengan penilaian keterampilan

 

 

kruna matungkalik, arah mata angin

A.    Menyimak

A.5

Peserta didik secara mandiri dan kritis mampu menemukan kruna matungkalik, arah mata angin  yang disimak dari teks atau rekaman yang disajikan guru.

 

A.6

Peserta didik secara mandiri dan kritis mampu menjelaskan kruna matungkalik, arah mata angin yang disimak dari teks atau rekaman yang disajikan guru.

 

B.Membaca dan memirsa

B.4

Peserta didik secara kritis, dan kreatif. Mampu membaca teks kruna matungkalik, arah mata angin dengan ejaan yang benar

B.5

Peserta didik secara kritis, dan kreatif. Mampu menemukan kruna matungkalik, arah mata angin pada teks wacana bahasa Bali.

 

 

 

 

C. Berbicara dan Presentasi

C.4

Peserta didik secara kritis dan kreatif mampu menyebutkan kruna matungkalik, arah mata angin dalam bahasa Bali.

C.5

Peserta didik mampu mendemonstrasikan kruna matungkalik, arah mata angin secara mandiri dan logis.

 

 

D. Menulis

D.4

Peserta didik mampu menulis teks kruna matungkalik, arah mata angin secara logis, kritis, serta kreatif.

D.5

Peserta didik mampu menunjukkan teks kruna matungkalik, arah mata angin sesuai topic secara logis, kritis, serta kreatif.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEMBANG PUPUH MACEPAT PSP 2024

  ·          Tembang Wajib Putri (Pupuh Semarandana)   Singgih Ratu Sang Hyang Widhi. Gung Aksama Iwang Tityang. Asung Paduka Manont...