SILABUS KELAS 1 SD K13 REVISI TERBARU
SILABUS
KURIKULUM 2013
REVISI
2016
Kelas                          : I
Semester                   : 1 (Ganjil)
Tahun
Program        :
KI 1:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
KI 4:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Tema 1                  :
Diriku
Alokasi Waktu       : 104 jam pelajaran
| 
Mata Pelajaran dan
   Kompetensi Dasar | 
Materi Pembelajaran | 
Kegiatan Pembelajaran | 
| 
Pendidikan
  Pancasila dan Kewarganegaraan |  | 
Subtema
  1: Aku dan Teman Baruku (26 jam pelajaran) 
·     
  Bertanya jawab mengenai
  pentingnya berpamitan kepada orang tua sebelum berangkat ke sekolah. 
·     
  Bertanya jawab mengenai pentingnya memberi salam 
·     
  Menyanyikan lagu yang
  bertema perkenalan dengan teman baru. 
·     
  Melakukan permainan
  untuk berkenalan dengan teman baru (permainan lempar bola, permainan tebak suara
  teman dengan mata tertutup) 
·     
  Menyanyikan lagu bertema
  teman baru untuk mengenal warna suara. 
·     
  Mempraktikkan gerak berjalan satu arah 
·     
  Berkenalan dengan teman melalui permainan yang
  menggunakan gerakan berjalan satu arah 
·     
  Menyanyikan lagu yang
  bertema mengenal huruf (misalnya lagu a, b, c) 
·     
  Melakukan permainan
  untuk mengenal huruf vocal (misalnya permainan menggunakan kartu nama,
  menyusun nama dengan kartu huruf, bermain tebak nama) 
·     
  Melakukan permainan
  untuk mengenal huruf konsonan (misalnya permainan menggunakan kartu nama,
  menyusun nama dengan kartu huruf, bermain tebak nama) 
·     
  Melakukan permainan
  untuk membilang bilangan cacah 1 – 10 
·     
  Menulis lambang bilangan cacah 1 – 10 melalui permainan. 
Subtema
  2: Tubuhku (26 jam pelajaran) 
·        
  Bertanya jawab tentang
  pentingnya mematuhi aturan di rumah (misalnya sebelum berangkat sekolah
  sebaiknya sarapan, waktu yang sesuai untuk tidur malam dan bangun pagi) 
·        
  Menyanyikan lagu tentang
  anggota tubuh (misalnya, lagu Dua Mata Saya) 
·        
  Melakukan permainan
  untuk mengenal kosa kata yang berkaitan dengan anggota tubuh (misalnya
  permainan kartu anggota tubuh) 
·        
  Membaca teks tentang anggota tubuh 
·        
  Membaca teks tentang cara menjaga anggota tubuh. 
·        
  Melakukan permainan
  untuk mengenal pancaindera) 
·        
  Membaca kegunaan panca indera pada buku siswa 
·        
  Bercerita
  kepada teman tentang kegunaan panca indera  
·        
  Bermain
  sambil mengenal lambang bilangan 
·        
  Membilang
  1 -10 dengan jari 
·        
  Membaca
  lambang bilangan  
·        
  Menari bersama teman
  bebas menciptakan/ mengkreasikan gerakan masing-masing asal sesuai dengan
  irama lagu/ hitungan yang ada di alat musik/musik yang sedang didengarkan.  
·        
  Berolahraga dengan
  menjaga sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara
  lentur serta seimbang 
Subtema 3: Aku Merawat Tubuhku (26 jam
  pelajaran) 
·        
  Menemukan informasi cara merawat tubuh 
·        
  Mempraktikkan cara merawat tubuh (cara menggosok gigi,
  cara mencuci tangan, cara mandi dan keramas) 
·        
  Mendengarkan cerita mengenai cara menjaga kebersihan
  tubuh dan pakaian  
·        
  Menyusun cara merawat tubuh berdasarkan gambar perawatan
  tubuh 
·        
  Bermain Peran dengan menggunakan kosa kata cara
  memelihara kesehatan  
·        
  Mempraktikkan kegiatan
  persiapan menulis permulaan meliputi cara duduk, cara memegang pensil, dan
  cara meletakkan buku  
·        
  Mempraktikkan mengatur jarak mata dengan media menulis
  dan mengatur pencahayaan saat menulis  
·        
  Membandingkan banyak benda yang digunakan untuk merawat
  tubuh  
·        
  Membandingkan dan
  mengurutkan dua bilangan menggunakan benda konkret 
·        
  Menyiapkan pewarna
  (misalnya cat air) sebagai bahan untuk membuat finger painting  
·        
  Membuat karya finger painting tentang merawat tubuh 
·        
  Baris berbaris agar dapat mempraktikkan sikap berdiri
  secara lentur dan seimbang  
Subtema 4 : Aku Istimewa (26 jam pelajaran) 
·        
  Menceritakan pengalaman
  melakukan kegiatan bersama anggota keluarga di rumah 
·        
  Menceritakan ciri khas anggota keluarga  
·        
  Mempraktikan penggunaan huruf vokal melalui permainan
  (misalnya membentuk huruf vokal dengan berjalan satu arah). 
·        
  Mempraktikkan penggunaan huruf konsonan melalui permainan
  (misalnya memindahkan huruf konsonan melalui balok keseimbangan) 
·        
  Menyusun huruf menjadi kata yang berhubungan dengan ciri
  khas siswa (misalya rambut lurus, rambut keriting, memakai kaca mata) 
·        
  Membaca puisi tentang
  keistimewaan siswa. 
·        
  Menghitung banyak objek
  yang digabung dari dua kelompok untuk mengenal penjumlahan 1 – 10. 
·        
  Menyelesaikan soal cerita penjumlahan  
·        
  Membuat
  hiasan pensil dari boneka kulit jagung  
·        
  Membuat gantungan kunci
  boneka kulit jagung  | 
| 
1.2  Menunjukkan
  sikap mematuhi  aturan yang berlaku
  dalam kehidupan sehari-hari di rumah 
2.2 Melaksanakan aturan yang
  berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah  
3.2 Mengurutkan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah  
4.2 Melakukan kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan
  sehari-hari di rumah 
1.3   Menerima keberagaman karakteristik individu di rumah  
2.3 Bekerja sama dalam konteks
  kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah 
3.3 Memahami keberagaman karakteristik individu di rumah  
4.3 Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman kehidupan
  sehari-hari di rumah di rumah | 
·     
  Tata tertib/aturan di rumah 
·     
  Keberagaman 
  karakteristik individu di rumah  | |
| 
Bahasa
  Indonesia |  | |
| 
3.1 Memahami  kegiatan persiapan
  membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku,
  gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya terang) dengan
  cara yang benar  
4.1 Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan
  baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman
  buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya terang)
  dengan cara yang benar  
3.2. Memahami  kegiatan persiapan
  menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku,
  jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang
  benar. 
4.2. Mempraktikkan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara
  memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku,gerakan
  tangan atas-bawah, kiri-kanan, latihan pelenturan gerakan tangan dengan
  gerakan menulis di udara/pasir/ meja, melemaskan jari dengan mewarnai,
  menjiplak, menggambar, membuat garis tegak, miring, lurus, dan lengkung,
  menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf di tempat
  bercahaya terang) dengan benar 
3.3 Memahmi  lambang bunyi vokal
  dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah  
4.3 Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau
  bahasa daerah.  
3.4 Memahami  kosakata tentang
  anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya melalui teks pendek (berupa
  gambar, tulisan, slogan sederhana, dan atau syair lagu)  
4.4 Menyampaikan penjelasan dengan kosakata yang tepat tentang anggota
  tubuh dan pancaindra serta perawatannya (berupa gambar dan tulisan) dalam
  bahasa Indonesia lisan dan tulis 
3.9 Memahami kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan
  orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu
  dengan kosakata bahasa daerah. 
4.9 Menggunakan kosa kata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri,
  keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk
  lisan dan tulisan 
3.11 Memahami puisi anak/syair lagu (berisi ungkapan kekaguman,
  kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang
  diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan 
4.11. Melisankan puisi anak atau syair lagu (berisi ungkapan kekaguman,
  kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai
  bentuk ungkapan diri. | 
·     
  persiapan mengenal huruf
  untuk membaca dan menulis permulaan 
·     
  lambang bunyi vokal dan konsonan  
·     
  kosa kata tentang anggota tubuh dan panca indera serta
  perawatannya  
·     
  kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan
  orang-orang di tempat tinggalnya  
·     
  puisi anak/syair lagu (berisi ungkapan kekaguman,
  kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang
  diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan  | |
| 
Matematika: |  | |
| 
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak
  anggota suatu kumpulan objek  
4.1 Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan
  banyak anggota kumpulan objek yang disajikan  
3.2 Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun
  lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya  
4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak
  anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat 
3.3 Membandingkan dua bilangan sampai
  dua angka dengan menggunakan kumpulan benda-benda 
4.3 Mengurutkan
  bilangan-bilangan sampai dua angka dari bilangan terkecil ke
  bilangan terbesar atau sebaliknya dengan menggunakan kumpulan benda-benda
  konkret 
3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan
  pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99
  dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan  
4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan
  sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan
  dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan
  99 | 
·     
  bilangan cacah sampai 99 
·     
  lambang bilangan  
·     
  operasi hitung bilangan
  cacah (penjumlahan dan pengurangan) sampai 99 | |
| 
Seni
  Budaya dan Prakarya |  | |
| 
3.1 Mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi 
4.1 Membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi 
3.2 Mengenal elemen musik melalui lagu 
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu  
3.3 Mengenal  gerak anggota tubuh
  melalui tari  
4.3 Meragakan gerak anggota tubuh melalui tari 
3.4 Mengenal bahan alam
  dalam berkarya  
4.4 Membuat karya dari bahan alam | 
·     
  karya ekspresi dua dan
  tiga dimensi 
·     
  elemen musik 
·     
  gerak anggota tubuh melalui tari 
·     
  karya dari bahan alam | |
| 
Pendidikan
  Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan |  | |
| 
3.1 Memahami prosedur gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh,
  ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan
  atau tradisional.  
4.1 Mempraktikkan  gerak dasar
  lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam
  berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional  
3.4 Memahami prosedur menjaga sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri,
  jalan), dan bergerak secara lentur serta seimbang dalam rangka pembentukan
  tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional. 
4.4 Mempraktikkan menjaga sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan),
  dan bergerak secara lentur serta seimbang dalam rangka pembentukan tubuh
  melalui permainan sederhana dan atau tradisional. 
3.8 Memahami bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh
  disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian. 
4.8 Menceritakan bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak
  boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian | 
·     
  gerak dasar lokomotor 
·     
  sikap
  tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan) | 
SILABUS
KURIKULUM 2013
REVISI
2016
Semester                   : 1 (Ganjil)
Tahun Program        :
KI 1: Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3: Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Tema 2                  :
Kegemaranku
Alokasi 
Waktu      : 104 jam pelajaran
| 
Mata Pelajaran dan
   Kompetensi Dasar | 
Materi Pembelajaran | 
Kegiatan Pembelajaran | 
| 
Pendidikan
  Pancasila dan Kewarganegaraan |  | 
Subtema 1: Gemar Berolahraga (26 jam pelajaran) 
·     
  Mengamati
  gambar kegiatan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh  
·     
  Mendiskusikan
  aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah  
·     
  Mengenal
  bunyi-bunyian alam dan buatan  
·     
  Menyimak
  cerita tentang manfaat pemanasan sebelum olahraga  
·     
  Memeragakan
  gerakan-gerakan pemanasan  
·     
  Mengamati
  gambar jenis-jenis olahraga  
·     
  Menceritakan
  hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di rumah  
·     
  Menghitung
  dan menjumlahkan benda  
·     
  Membaca
  cerita tentang manfaat olahraga  
·     
  Melakukan
  gerakan permainan simpai  
·     
  Mengenal
  alat-alat yang dapat mengeluarkan bunyi-bunyian buatan  
·     
  Berdiskusi
  tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan  
·     
  Menghitung
  dan menjumlahkan benda  
·     
  Mengamati
  teks tentang beragam jenis olahraga  
·     
  Mendiskusikan
  hal-hal yang harus dan tidak boleh dilakukan di rumah setelah berolahraga  
·     
  Menghitung
  penjumlahan dengan soal cerita  
Sub Tema 2: Gemar Menyanyi dan Menari (26 jam
  pelajaran) 
·     
  Menyanyikan
  lagu Andaikan Aku Punya Sayap  
·     
  Mendiskusikan
  dan memeragakan gerakan cepat dan gerakan lambat  
·     
  Mengenal
  hal-hal yang harus dilakukan dengan adik di rumah  
·     
  Bermain
  tari limbo  
·     
  Membaca
  puisi tentang persahabatan  
·     
  Mengenal
  dan menyanyikan Lagu Ayo Makan Bersama  
·     
  Menunjukkan
  hal-hal baik yang harus dilakukan terhadap adik  
·     
  Belajar
  pengurangan dengan menghitung mundur  
·     
  Mengenal
  dan mempraktikkan gerakan senam  
·     
  Bernyanyi
  dan menari lagu Kepala Pundak Lutut Kaki dengan gerakan lambat dan cepat  
·     
  Mengenal
  dan menyanyikan lagu Terima Kasihku  
·     
  Mengenal
  dan menyanyikan lagu Bunda Piara  
·     
  Melakukan
  operasi hitung pengurangan  
·     
  Mengenal
  dan menyanyikan lagu Ruri Abangku  
·     
  Mendiskusikan
  hal-hal yang harus dilakukan terhadap adik  
·     
  Membedakan
  cerita pengurangan  
Subtema 3: Gemar Menggambar (26 jam pelajaran) 
·     
  Mengamati
  gambar cara duduk untuk kegiatan menulis 
·     
  Mempraktikkan
  cara duduk untuk kegiatan menulis 
·     
  Mengenal
  alat dan bahan untuk menggambar dengan tehnik mencetak 
·     
  Berdiskusi
  tentang ide untuk membuat gambar tehnik mencetak 
·     
  Berdiskusi
  tentang gambar kesukaan anggota 
keluarga
  di rumah 
·     
  Berolah
  raga sambil mempraktikkan gerakan menarik tanpa berpindah tempat 
·     
  Mengamati
  gambar cara meletakkan buku dengan benar 
·     
  Mengamati
  cara memegang pensil dengan benar 
·     
  Mempraktikkan
  cara meletakkan buku dan 
memegang
  pensil dengan benar 
·     
  Mengamati
  gambar jarak yang baik antara mata dan buku saat menulis 
·     
  Mempraktikkan
  jarak yang baik antara mata dan buku saat menulis 
·     
  Mengenal
  berbagai bentuk bangun ruang dan bangun datar dari benda yang ada di kelas 
·     
  Mengelompokkan
  benda-benda yang ada di kelas sesuai bentuk bangun ruang 
·     
  Menceritakan
  pengalaman saat menggambar bersama anggota keluarga 
·     
  Berolah
  raga sambil bermain tarik-menarik tanpa berpindah tempat 
·     
  Mengamati
  gambar posisi cahaya saat menulis 
·     
  Mempraktikkan
  posisi cahaya saat menulis 
·     
  Membuat
  gambar menggunakan dengan tehnik mencetak 
·     
  Mempraktikkan
  cara duduk dan memegang pensil saat akan menulis 
·     
  Menyebutkan
  benda-benda yang berbentuk bola, tabung, atau kubus 
·     
  Praktik
  kegiatan persiapan menulis dengan semua langkahnya dengan benar 
·     
  Menceritakan
  pengalaman menggambar gambar kesukaan anggota keluarga 
·     
  Mengerjakan
  soal latihan 
Subtema 4: Gemar Membaca (26 jam pelajaran) 
·        
  Mengamati
  gambar cara duduk untuk kegiatan membaca 
·        
  Mempraktikkan
  cara duduk untuk kegiatan membaca 
·        
  Membaca
  cerita dengan nyaring 
·        
  Berdiskusi
  tentang kegemaran masing-masing anggota keluarga 
·        
  Bercerita
  pengalaman membaca bersama keluarga di rumah 
·        
  Membuat
  kartu kata (falsh card) dengan memanfaatkan bahan alam 
·        
  Berolah
  raga sambil mempraktikkan gerakan mendorong tanpa berpindah tempat 
·        
  Mengamati
  gambar cara mengatur jarak yang tepat antara mata dan obyek bacaan 
·        
  Mempraktikkan
  cara mengatur jarak yang tepat antara mata dan obyek bacaan 
·        
  Bermain
  kartu kata 
·        
  Mengamati
  gambar dan mempraktikkan cara memegang buku dan membalik halaman dengan baik 
·        
  Mempraktikkan
  cara memegang buku sambil membaca sebuah teks 
·        
  Mengenal
  pola bilangan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan 
·        
  Melengkapi
  barisan bilangan berdasarkan pola tertentu 
·        
  Menunjukkan
  bacaan kegemaran anggota keluarga 
·        
  Bercerita
  kegiatan membaca buku bersama anggota keluarga 
·        
  Mempraktikkan
  gerak mendorong tanpa berpindah tempat 
·        
  Mengamati
  dan mempraktikkan posisi cahaya saat membaca sebuah buku 
·        
  Mengenal
  bagian-bagian buku 
·        
  Membuat
  sampul buku harian dengan hiasan daun kering 
·        
  Membaca
  sambil mempraktikkan pencahayaan yang baik 
·        
  Mengurutkan
  gambar berseri 
·        
  Mengidentifikasi
  pola bilangan dengan kumpulan gambar/benda/gerakan 
·        
  Melengkapi
  barisan bilangan berdasarkan pola tertentu dengan kumpulan 
gambar/benda/gerakan 
·        
  Praktik
  kegiatan persiapan membaca dengan semua langkahnya dengan benar 
·        
  Mengidentifikasi
  pola bilangan dengan kumpulan gambar/benda/gerakan 
·        
  Melengkapi
  barisan pola bilangan dengan kumpulan gambar/benda/gerakan 
·        
  Menceritakan
  pengalaman saat membacakan dongeng bersama anggota keluarga | 
| 
1.2 
  Menunjukkan sikap mematuhi  aturan yang berlaku dalam kehidupan
  sehari-hari di rumah 
2.2 
  Melaksanakan aturan dan tata tertib yang berlaku di rumah dan sekolah 
1.3  
  Menerima keberagaman
  karakteristik individu di rumah     
2.3.Bekerja sama dalam konteks kebersamaan dalam
  keberagaman karakteristik individu di rumah 
3.2  
  Mengurutkan aturan dan tata tertib yang berlaku di rumah dan sekolah  
4.2   Melakukan kegiatan sesuai
  aturan dan tata tertib yang berlaku di rumah dan sekolah 
3.3  
  Memahami keberagaman karakteristik individu di rumah 
4.3  
  Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman kehidupan
  sehari-hari di rumah | 
·        
  Aturan yang
  berlaku dalam kehidupan 
sehari-hari di rumah 
·        
  Keberagaman karakteristik individu di rumah | |
| 
Bahasa
  Indonesia |  | |
| 
3.2  Memahami kegiatan persiapan menulis
  permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak
  antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar 
4.2   Mempraktikkan kegiatan persiapan menulis
  permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak
  antara mata dan buku, gerakan tangan atas-bawah, kiri-kanan, latihan
  pelenturan gerakan tangan dengan gerakan menulis di udara/pasir/meja,
  melemaskan jari tangan dengan mewarnai, menjiplak, menggambar, membuat garis
  tegak, miring, lurus, dan lengkung, menjiplak berbagai bentuk gambar,
  lingkaran, dan bentuk huruf. 
3.5  Memahami kosakata tentang cara memelihara
  kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana)  
4.5  Mengemukakan penjelasan dengan kosakata
  bahasa Indonesia dan pelafalan yang tepat cara memelihara kesehatan. 
3.11Mengenal
  puisi anak/syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada
  orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan
  untuk kesenangan.  
4.11 Melisankan puisi
  anak atau syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada
  orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri | 
·     
  Kegiatan
  persiapan membaca (sikap  duduk,  jarak mata dengan buku, cara memegang buku,
  cara membalik halaman buku) 
·     
  Kegiatan
  persiapan menulis (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku,
  jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) 
·     
  Kosakata berkaitan dengan memelihara kesehatan 
·     
  Teks
  Puisi | |
| 
Matematika |  | |
| 
3.5  
  Mengenal pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan
  benda/gambar/gerakan atau lainnya 
4.5  
  Memprediksi dan membuat pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan
  benda/gambar/gerakan 
3.4 
  Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang
  melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta
  mengaitkan penjumlahan dan pengurangan  
4.4  Menyelesaikan masalah
  kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan
  bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 
3.6  
  Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai
  benda konkret 
4.6 Mengklasifikasikan bangun ruang
  da bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkret | 
·       
  Penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai
  dengan 99 
Bangun datar dan bangun ruang sederhana 
·        
  Persegi 
·        
  Persegi panjang 
·        
  Segitiga 
·        
  Lingkaran 
·        
  Kubus 
·        
  Balok 
·        
  Kerucut 
·        
  Tabung 
·        
  Bola 
·       
  Pola bilangan | |
| 
Seni
  Budaya dan Prakarya |  | |
| 
3.1 
  Mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi 
4.1 
  Membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi 
3.2 Memahami elemen musik melalui
  lagu  
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu 
3.3 Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari 
4.3 Meragakan gerak anggota tubuh melalui tari 
3.4 Mengenal bahan alam dalam
  berkarya 
4.4 Membuat karya dari bahan alam | 
·     
   Elemen musik
  melalui lagu 
·      Gerak anggota
  tubuh melalui tari 
·      Gambar
  ekspresi (melukis) dan membentuk ekspresi tiga dimensi 
·      Proses
  pembuatan gambar ekspresi dan karya tiga dimensi 
·     
  Bahan alam (kayu, tanah liat,bambu, pasir batu dll) 
·     
  Proses berkarya menggunakan 
  bahan alam (kayu, tanah liat,bambu, pasir batu dll) | |
| 
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan |  | |
| 
3.2  Memahami prosedur gerak dasar
  non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan
  dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional 
4.2  Mempraktikkan prosedur gerak
  dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
  keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional | 
Gerak
  dasar  non-lokomotor:  
·     
  Memutar
   
·     
  Mengayun
   
·     
  Menekuk
   
·     
  Menarik
   
·     
  Meliuk
   
·      Menggoyang 
·      Memilin 
·      Mengedang 
·      Mengkerut 
·      Menekuk 
·      Melenting 
·      Memadukan konsep
  gerak | 
SILABUS
KURIKULUM 2013
REVISI
2016
Semester                   : 1 (Ganjil)
Tahun Program        :
KI 1: Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3: Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Tema 3                  :
Kegiatanku
Alokasi  Waktu      :
104 jam pelajaran
| 
Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar | 
Materi Pembelajaran | 
Kegiatan
   Pembelajaran | 
| 
Pendidikan
  Pancasila dan Kewarganegaraan |  |  | 
| 
1.1 Menerima gambar (bintang segi  
2.1   Bersikap positif terhadap
  gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila” 
1.2   Menerima
  aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai anugerah
  Tuhan Yang Maha Esa  
2.2   Menerima aturan yang berlaku
  dalam kehidupan sehari-hari di rumah 
3.1  
  Mengenal gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila” 
4.1  
  Menceritakan gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila” 
3.2   Mengetahui aturan yang
  berlaku dalam kehidupan sehari=hari di rumah 
4.2   Melakukan kegiatan  sesuai dengan aturan yang berlaku dalam
  kehidupan sehari-hari di rumah | 
·        
  Lambang
  Garuda Pancasila dan lafalnya 
·        
  Perilaku
  yang sesuai nilai Pancasila 
·        
  Tata
  tertib dan aturan di rumah 
-     
  Pagi
  hari 
-     
  Siang
  hari 
-     
  Sore
  hari 
-     
  Malam
  hari | 
Subtema 1: Kegiatan Pagi hari (26 jam
  pelajaran) 
·        
  Menyimak
  teks dan menemukan kosakata yang berkaitan dengan kegiatan di pagi hari 
·        
  Menuliskan
  dan mencocokkan lambang bilangan 11-20 sesuai jumlah benda melalui permainan
  dan mengurutkan lambang bilangan 
·        
  Menuliskan
  lambang dan nama bilangan 11-20 dengan tepat 
·        
  Menceritakan
  dan menemukan kosakata tentang 
  pengalaman yang menjadi kebiasaan baik di pagi hari sesuai dengan
  nilai-nilai Pancasila  
·        
  Mendengarkan  percakapan pada dialog yang memuat kegiatan
  pagi hari   
·        
  Bermain
  drama/peran  tentang kegiatan di pagi
  hari  
·        
  Menyanyikan
  lagu bertema pagi (Bangun Tidur) dengan di iringi musik / elemen bunyi 
·        
  Berolahraga
  di pagi hari lewat permainan tradisional (lempar tangkap benda ringan)  
·        
  Membilang
  11-20 dengan cara mengelompokkan benda 
§  Menunjukkan perilaku  kegiatan 
  pagi hari di rumah yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila  
Sub Tema dua: ( 26 JP) 
Kegiatan Siang Hari 
·        
  Bermain
  menyusun huruf menjadi kosa kata terkait kegiatan siang hari 
·        
  Mengenal
  nilai tempat bilangan 
·        
  Mengenal
  nilai tempat satuan dan puluhan  
·        
  Mendiskusikan
  kegiatan-kegiatan yang baik di siang hari yang sesuai dengan aturan yang
  berlaku di rumah    
·        
  Membedakan
  perbuatan yang sesuai aturan dengan yang tidak sesuai dengan aturan
  berdasarkan teks bacaan  
·        
  Melakukan
  gerak cepat anggota tubuh dalam suatu gerak tari  
·        
  Melakukan
  latihan menendang yang dihubungkan dengan permainan 
·        
  Latihan
  menendang sambil bermain 
·        
  Bermain
  menyusun kata menjadi kalimat 
·        
  Memeragakan
  gerak lambat dalam tari  
·        
  Bermain
  peran  kegiatan siang hari sesuai
  aturan di rumah yang  di dalamnya
  terdapat kosa kata yang memuat  slogan
  sederhana ( misalnya matikan lampu jika tidak digunakan) 
Sub Tema 3: Kegiatan Sore Hari 
 ( 26 JP) 
·        
  Bermain
  peran di depan kelas secara kelompok dengan backrgound gambar ekspresi
  menggunakan teks cerita deskriptif yang anggota kelompoknya diurutkan
  berdasarkan tinggi rendah badan  
·        
  Menyanyikan
  lagu yang syairnya berkaitan dengan anggota tubuh dan panca indra (contoh :
  dua mata saya…hidung saya satu). 
·        
  Menyanyikan
  lagu dengan memerhatikan syair lagu dengan tertib dan sesuai aturan nada 
·        
  Menceritakan
  pengalaman tentang tata tertib yang berlaku sore hari di rumah  
·        
  Mengidentifikasi
  jumlah tata tertib sore hari di rumah dan membandingkan dengan aturan pagi
  dan siang hari 
·        
  Menuliskan
  urutan cara memelihara kesehatan dan kebugaran tubuh. 
·        
  Menceritakan
  cara perawatan tubuh  
·        
  Berdiskusi
  tentang pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh 
·        
  Mendemonstrasikan
  gerak cara pemeliharaan dan kebugaran tubuh dengan aturan berdasarkan
  petunjuk / arahan   
·        
  Melakukan
  gerak sederhana dengan  menirukan cara
  bergerak binatang 
·        
  Membuat
  gambar kreasi dan karya ekspresi dua dan tiga dimensi yang memuat aturan tata
  tertib sore hari di rumah 
Sub
  Tema empat : ( 26 JP) 
Kegiatan Malam Hari 
·          
  Mendengar
  cerita dan menceritakan kembali tentang tata tertib aturan di rumah pada
  malam hari  
·          
  Mendiskusikan
  kebiasaan-kebiasaan yang baik di malam hari yang sesuai dengan tata tertib
  dan  aturan yang berlaku di rumah   
·          
   Membuat karya kerajinan dengan menggunakan
  biji-bijian, daun-daunan, kulit kerang atau bahan alam yang ada di daerah
  setempat. 
·          
  Menyusun
  kosa kata yang berhubungan dengan kegiatan di malam hari.  
·          
  Membuat
  cerita berdasarkan urutan gambar 
·          
  Melakukan
  gerakan memantulkan bola 
·          
  Mengenal
  konsep penjumlahan dan pengurangan dalam kehidupan sehari-hari | 
| 
Bahasa Indonesia  
3.7 Mengenal kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam
  melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair
  lagu) 
4.7   Menjelaskan kosa kata Bahasa
  Indonesia dan ejaan yang tepat terkait peristiwa siang dan malam dalam teks
  tulis dan gambar | 
·     
  Kosakata
  kegiatan pagi hari 
·     
  Kosakata
  kegiatan siang hari 
·     
  Kosakata
  tentang kegiatan sore hari 
·     
  Kosakata
  tentang kegitan di malam hari |  | 
| 
Matematika
   
3.1
  Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota
  suatu kumpulan objek 
4.1  Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99
  yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan  
3.2  Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan
  nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret
  serta cara membacanya 
4.2  Menuliskan lambang bilangan  sampai dua angka yang menyatakan banyak
  anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat 
3.3  Membandingkan dua bilangan
  sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret 
4.3  Mengurutkan bilangan 
3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang
  melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta
  mengaitkan penjumlahan dan pengurangan 
4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan
  penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah | 
·     
  Bilangan
  cacah dua angka 
·     
  Lambang
  bilangan 
·     
  Nilai
  tempat 
·     
  Perbandingan
  dua bilangan 
·     
  Penjumlahan
  dan Pengurangan bilangan cacah dua angka |  | 
| 
Seni Budaya dan
  Prakarya 
3.1 Mengenal karya ekspresi dua dan tiga
  dimensi 
4.1 Membuat karya ekspresi dua dan tiga
  dimensi  
3.2   Mengenal  elemen musik melalui lagu 
4.2   Menirukan
  elemen musik melalui lagu 
3.3. Mengenal  gerak anggota tubuh
  melalui tari 
4.3  Meragakan gerak anggota tubuh
  melalui tari 
3. 4 Mengenal  bahan alam dalam
  berkarya 
4.4 Membuat karya dari bahan alam | 
·        
  ElemenMusik 
·        
  Gerak
  anggota tubuh 
·        
  Gambar
  ekspresi 
·        
  Karya
  ekspresi kolase  
·        
  Karya
  seni ekspresi dengan bahan alam |  | 
| 
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 
3.3 Memahami prosedur
  pola gerak dasar manipulatif sesuai konsep tubuh, ruang, usaha, dan
  keterhubungan dalamberbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional 
4.3 Mempraktikkan prosedur pola gerak dasar
  manipulatif sesuai konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam
  berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional | 
·     
  Gerak
  dasar manipulatif dalam permainan tradisional |  | 
SILABUS
KURIKULUM 2013
REVISI
2016
Semester                   : 1 (Ganjil)
Tahun Program        :
KI 1: Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3: Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Tema 4                  : Keluargaku
Alokasi  Waktu      :
104 jam pelajaran
| 
Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar | 
Materi Pembelajaran | 
Kegiatan
   Pembelajaran | 
| 
Pendidikan Pancasila
  dan Kewarganegaraan   |  |  | 
| 
1.1 Menerima gambar (bintang segi  
2.1 Bersikap positif terhadap gambar pada lambang negara “Garuda
  Pancasila” 
3.1 Memahami gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila” 
4.1 Menceritakan gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila” 
1.2  Menunjukkan sikap mematuhi  aturan yang berlaku dalam kehidupan
  sehari-hari di rumah 
2.2  Melaksanakan aturan yang
  berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah 
3.2  Mengurutkan aturan yang berlaku
  dalam kehidupan sehari-hari di rumah 
4.2  Melakukan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah 
1.3  Menerima keberagaman
  karakteristik individu di
  rumah 
2.3 Bekerja sama dalam konteks kebersamaan dalam keberagaman
  karakteristik individu di
  rumah 
3.3 Memahami keberagaman karakteristik individu di rumah 
4.3
  Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman
  karakteristik individu di
  rumah | 
Gambar (bintang segi  
·        
  Aturan yang
  berlaku dalam kehidupan 
sehari-hari di rumah 
·        
  Keberagaman karakteristik individu di rumah | 
Subtema
  1. Anggota Keluargaku (26 jam pelajaran) 
·        
  Membaca
  Teks Anggota Keluargaku. 
·        
  Membaca
  Teks Keluarga Udin. 
·        
  Menyanyikan
  Lagu “Satu-satu Aku Sayang Ibu’. 
·        
  Memperkenalkan
  Anggota Keluarga. 
·        
  Menghafal
  sila pertama Pancasila. 
·        
  Melakukan prosedur gerakan berjalan satu arah. 
·        
  Menjawab pertanyaan nama ayah, ibu, kakak atau adik. 
·        
  Melengkapi nama-nama anggota keluarga berdasarkan teks. 
·        
  Menceritakan anggota keluarga secara tertulis. 
·        
  Menebalkan 
  bangun datar (segiempat, segitiga dan lingkaran). 
·        
  Observai benda-benda konkrit di sekitar kelas yang
  berbentuk bangun datar. 
·        
  Mengamati simbol sila pertama Pancasila. 
·        
  Praktik melakukan prosedur gerakan berjalan satu arah
  dan gerakan senam. 
·        
  Menyanyikan
  lagu Garuda Pancasila. 
·        
  Menulis
  pengalaman berolah raga bersama keluarga. 
·        
  Mengamati
  bagan silsilah keluarga. 
·        
  Membuat
  bagan silsilah keluarga. 
·        
  Menjelaskan isi bagan silsilah keluarga. 
·        
  Menceritakan
  bagan silsilah keluarga. 
·        
  Melengkapi
  tabel nama-nama anggota keluarga teman sebangku. 
·        
  Membaca teks kegiatan bermain bersama. 
·        
  Menceritakan pengalaman bermain bersama keluarga. 
·        
  Mengelompokkan benda-benda konkrit berdasarkan bentuk
  bangun datar. 
·        
  Memasangkan
  teks sila pertama Pancasila dengan simbol yang sesuai. 
Subtema
  2. Kegiatan Keluargaku 
·        
  Membaca
  nyaring teks 
·        
  Makan
  pagi bersama keluarga. 
·        
  Menuliskan
  kegiatan makan pagi bersama dengan melengkapi bagian kalimat yang kosong
  dengan menggunakan kata bantu yang tersedia. 
·        
  Membaca
  nyaring teks Peraturan makan. 
·        
  Menggali
  informasi dan membuat poster peraturan makan. 
·        
  Mempresentasikan dan memajang poster peraturan makan. 
·        
   Mensimulasikan
  ungkapan terima kasih dan tolong.  
·        
  Memeragakan cara berpamitan pergi ke sekolah dan pulang
  sekolah, serta  mencium tangan orang
  tua. 
·        
  Membaca dengan nyaring teks Rekreasi bersama keluarga. 
·        
  Memeragakan gerak anggota tubuh menirukan gerak ayam
  dalam suatu tarian   
·        
  Menyimak cerita guru tentang kegiatan olah raga
  keluarga Udin. 
·        
  Menceritakan kegiatan olah raga yang dilakukan keluarga
  masing-masing. 
·        
  Mempraktikkan gerakan berlari  satu arah. 
·        
  Mencoba
  permainan  
·        
  “Ayam
  dan  Elang”.  
·        
  Menceritakan dan memberikan pendapat tentang permainan. 
·        
  Berlatih melengkapi percakapan dengan menggunakan
  ungkapan tolong dan terima kasih. 
·        
  Membaca
  nyaring teks Memasak bersama keluarga. 
·        
  Simulasi percakapan menggunakan kata tolong dan terima
  kasih. 
   
·        
  Berlatih
  soal-soal pola bilangan. 
·        
  Bermain
  pola bilangan. 
·        
  Simulasi
  meminta izin ketika hendak bermain ke luar rumah. 
·        
  Menceritakan pengalaman meminta izin ketika hendak
  bermain ke luar rumah. 
·        
  Menyimak cerita guru tentang kegiatan berkebun keluarga
  Siti. Dayu membantu kegiatan Siti. 
·        
  Menceritakan pengalaman berkebun bersama keluarga. 
·        
  Menyimak cerita guru tentang Siti dan Dayu yang sedang
  bermain menirukan gerakan kupu-kupu.
   
·        
  Menyimak penjelasan dan contoh gerakan kupu-kupu.  
·        
  Melakukan
  gerakan menari menirukan gerakan kupu-kupu. 
·        
  Menceritakan pengalaman menari menirukan gerakan kupu-kupu. 
·        
  Menyimak
  penjelasan tentang prosedur gerakan berlari satu arah. 
·        
  Mempraktikkan gerakan berlari satu arah. 
·        
  Mempraktikkan penggunaan ungkapan tolong dan terima
  kasih.  
·        
  Menyimak cerita guru tentang kegiatan Lani belajar
  didampingi orang tua.  
·        
  Menceritakan kegiatan belajar yang didampingi orang tua
  di rumah. 
·        
  Melengkapi percakapan yang masih kosong dengan ungkapan
  tolong atau terima kasih. 
·        
  Bermain
  pola bilangan bersama anggota kelompok. 
·        
  Mengamati dan menceritakan  gambar Udin dan keluarga sedang merapikan
  rumah.  
·        
  Mengisi
  percakapan menggunakan ungkapan tolong dan terima kasih berdasarkan gambar. 
·        
  Memilih
  satu gambar kegiatan membantu orang tua di rumah dan menceritakannya. 
·        
  Menceritakan
  kebiasaan minta izin sebelum bermain ke luar rumah yang biasa siswa lakukan. 
·        
  Berlatih
  menemukan pola bilangan.  
Subtema 3 : keluarga
  Besarku (26 jam pelajaran) 
·        
  Mengenalanggotakeluargabesar 
·        
  Mampu
  memperkenalkan keluarga besar. 
·        
  Menggambar 
·        
  Bermain
  tali karet 
·        
  Berbicara
  didepan kelas memperkenalkan keluarga besar 
·        
  Bercerita
  pengalaman bersama keluarga besar 
·        
  Menulis  kata perkenalan 
·        
  Menggambar 
·        
  Melakukan
  permainan skiping atau lompat tali 
·        
  Menulis
  kata perkenalan 
·        
  Menggambar 
·        
  Silsilah
  keluarga besar 
·        
  Membuat
  kalimat dari kosakata keluarga besar 
·        
  Membuat
  silsilah keluarga besar 
·        
  Mengukur
  berat benda dengan lat dan satuan tidak baku 
·        
  Bermain
  peran 
·        
  Mengukur
  benda tinggi dan pendek 
·        
  Bercerita
  pengalaman dengan keluarga besar 
Subtema 4 :
  Kebersamaan dalam keluarga (26 jam pelajaran) 
·        
  Membaca teks. 
·        
  Menulis ungkapan terima kasih. 
·        
  Menulis ungkapan pujian. 
·        
  Meronce. 
·        
  Membuat daftar petugas kebersihan. 
·        
  Membaca
  teks. 
·        
  Mengamati
  teks. 
·        
  Bercerita. 
·        
  Main
  Lompat karung 
·        
  Membaca
  tek bergambar 
·        
  Membandingkan
  berat benda dengan satuan tidak baku 
·        
  Menncatat
  cara membersihkan rumah 
·        
  Mengetahui
  alas kaki 
·        
  Membuat
  bingkai foto 
·        
  Mencocokan
  ungkapan dengan gambar 
·        
  Bermain
  lompat katak 
·        
  Menulis 
·        
  Membuat
  kalimat dari kosakata keluarga besar 
·        
  Mengukur
  berat benda dengan laihant dan satuan tidak baku 
·        
  Membuat
  poster untuk mengajak membersihkan rumah 
·        
  Mengukur
  benda tinggi atau  pendek 
·        
  bermain
  peran, pengukuran panjang-pendek, tinggi-rendah. | 
| 
Bahasa Indonesia | ||
| 
3.8 Memahami ungkapan
  penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian,
  ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan
  menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu
  dengan kosakata bahasa daerah 
4.8 Mengucapkan
  ungkapan  terima kasih, permintaan
  maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun
  kepada orang lain  secara lisan dan
  tulis 
3.9  Memahami
  kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat
  tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa
  daerah 
4.9  Menggunakan
  kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan
  orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan
  tulisan.  
3.10 Memahami kosakata hubungan kekeluargaan melalui
  gambar/bagan silsilah keluarga dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah. 
4.10 Menggunakan kosakata yang tepat dalam percakapan
  tentag hubungan kekeluargaan dengan menggunakan bantuan gambar/bagan silsilah
  keluarga. | 
Ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf,
  tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk
  kepada orang lain 
Kosakata untuk perkenalan  
Mis :  
Nama saya… 
Ini adalah…. 
·        
  Kosa kata
  kekerabatan | |
| 
Matematika | ||
| 
3.5 Mengenal pola bilangan yang berkaitan dengan
  Kumpulan benda/gambar/ gerakan atau lainnya 
4.5 Memprediksi
  dan membuat pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan
  atau lainnya 
3.6. Mengenal bangun ruang dan bangun
  datar dengan menggunakan berbagai benda konkrit.  
4.6. Mengklasifikasikan bangun ruang dan bangun datar
  dengan menggunakan berbagai benda konkrit. 
3.8  Mengenal dan
  menentukan panjang dan berat dengan satuan tidak baku menggunakan
  benda/situasi konkret 
4.8  Melakukan pengukuran panjang dan berat
  dalam satuan tidak baku dengan menggunakan 
  benda/situasi konkret | 
Pola bilangan 
Bangun datar dan bangun ruang
  sederhana 
·        
  Persegi 
·        
  Persegi panjang 
·        
  Segitiga 
·        
  Lingkaran 
·        
  Kubus 
·        
  Balok 
·        
  Kerucut 
·        
  Tabung 
·        
  Bola 
Satuan tidak  
·        
  Panjang 
·        
  Berat | |
| 
SBDP  | ||
| 
3.2       Mengenal
  elemen musik melalui lagu 
4.2.
  Menirukan elemen musik melalui lagu 
3.3    Mengenal
  gerak anggota tubuh melalui tari 
4.3  Meragakan
  gerak anggota tubuh melalui tari 
3.1    Mengenal
  karya ekspresi dua dan tiga dimensi 
4.1   Membuat karya
  ekspresi dua dan tiga dimensi 
3.4       Mengenal bahan alam dalam berkarya 
4.4  Membuat karya
  dari bahan alam | 
Elemen musik melalui lagu 
Gerak anggota tubuh melalui tari 
·      Gambar ekspresi
  (melukis) dan membentuk ekspresi tiga dimensi 
·      Proses
  pembuatan gambar ekspresi dan karya tiga dimensi 
·   
  Bahan alam (kayu, tanah liat,bambu, pasir batu dll) 
·   
  Proses berkarya menggunakan 
  bahan alam (kayu, tanah liat,bambu, pasir batu dll) | |
| 
PJOK  | ||
| 
3.1 Memahami prosedur gerak dasar lokomotor sesuai
  dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk
  permainan sederhana dan atau tradisional.  
4.1 Mempraktikkan gerakan berjalan satu arah dengan konsep tubuh, ruang,
  usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
  tradisional. | 
Gerak
  dasar lokomotor: 
·        
  Gerak
  dasar jalan 
·        
  Gerak
  dasar lari 
·        
  Gerak
  dasar lompat 
·        
  Gerak
  dasar loncat 
 | |

Posting Komentar untuk "SILABUS KELAS 1 SD K13 REVISI TERBARU"