contoh rpp bahasa bali smk
I.             
Identitas Mata Pelajaran 
Satuan Pendidikan        :    SMK
KESEHATAN
BALI KHRESNA MEDIKA 
          Mata Pelajaran              :    Bahasa Daerah Bali
          Program Keahlian         :    Semua
Program Keahlian
          Kelas/Semester             :    X  /
 Ganjil  
          Alokasi Waktu              :    1 x Pertemuan
II.
     Standar Kompetensi     :    1. Mampu  memahami dan menanggapi berbagai ragam wacana
                                                        lisan non sastra 
III.       
Kompetensi
Dasar        :    1.2 
Mendengarkan  cerita yang
diceritakan atau dibacaka
IV.       
Indikator                       :    1.  Mencatat bagian-bagian yang mengandung emosi 
                                                    2.  Menceritakan kembai isi cerita yang
didengarkan
                                                    3.  Menerapkan kesimpulan dan ajaran kesusilaan
dari cerita         
V.      Tujuan
Pembelajaran 
1.   
Siswa dapat mencatat
bagian-bagian yang mengandung emosi
2.   
Siswa dapat menceritakan kembali
isi cerita yang didengarkan
3.   
Siswa dapat menerapkan
kesimpulan dan ajaran kesusilaan dari cerita       
Nilai
karakter yang diharapkan: Religius, peduli sosial, disiplin, gemar membaca,
kreatif, rasa ingin tau, toleransi, bersahabat/komunikatif, tanggung jawab,
menghargai prestasi, mandiri.
VI.    Materi Ajar :
Kesusastraan Bali
·     
Kasustraan
mawit saking kruna sastra sane mateges ajah-ajahan / ilmu pengetahuan. polih pangater Su sane mateges
becik utawi luwih, lan polih pangater lan pengiring (Ka-an) punika mateges nyihnayang kawentenan. 
·     
Kasusastraan inggih punika kawentenan ajah-ajahan sane
becik utawi luwih. 
·     
Kasusastraan  taler mategeses: kekawian sastra sane
metu saking padma hredaya manusa sane marupa tulisan utawi karangan sane kawentenannyane luwih, becik tur
lengut. 
·     
Puisi inggih punika kekawian sastra sane
kaiket antuk uger-uger. 
·     
Prosa inggih puniki kakawian sastra sane
nenten kaiket antuk
·     
Contoh Prosa Bali Purwa 
-      
Satua-Satua
( sekadi: Bawang Teken Kesuna, Siap Selem,Pan Balang Tamak, Msl.) )
-      
Babad
(sekadi: Babad Dalem, Babad Pasek, Msl.)
-      
Kanda
(sekadi: Kanda Pat rare, Kanda Pat sari, Msl.)
-      
Wiracarita
(sekadi: Mahabharata, Bratayudha, Ramayana, Msl.)
·     
Contoh Puisi Bali Purwa 
-      
Sekar
rare
-      
Sekar
alit
-      
Sekar
madya 
-      
Sekar
agung 
·          
Contoh Prosa Bali Anyar 
1.   
Novel
/ Roman  
-      
Malancaran
Ka Sasak olih I Gede Srawana 
-      
Lan
Jani  olih I Made Wanda
-      
Msl.
2.   
Cerpen
-      
Togog
olih I Made Sanggra 
-      
Kampih
di Kakisik  olih Jelantik Santha 
-      
Msl.
3.   
Drama
-      
Nang
Kepod olih Ketut Aryana 
-      
Maboros
olih Putu Gede Suata 
-      
Msl.
·          
Contoh
Puisi Bali Purwa
-      
Bali                                   olih Ngurah
Yupa 
-      
Basa Bali                          olih Suntari Pr.
-      
Galang Bulan                   olih K. Putra
-      
Mati Nguda                      olih
Putu Sedana 
-      
Idupe Nemu
Sengsara      olih Made Sanggra 
-      
Jagi Surup
Suryane
         olih Made Taro
-      
Msl. 
VII.   Alokasi
Waktu   : 2 x 45 menit  
VIII. Metode Pembelajaran
1.    Ceramah
2.    Tanya Jawab
3.    Diskusi
4.    Penugasan  
IX.    Kegiatan
Pembelajaran :
Pertemuan I
| 
KEGIATAN GURU | 
KEGIATAN SISWA | 
| 
Kegiatan Pendahuluan (5 Menit ) 
a.      
  Memberikan salam dan atau doa 
b.     
  Mengabsen siswa 
c.       Menanyakan
  siswa tentang pelajaran yang sudah dan akan dipelajari yaitu tentang prosa
  bali purwa dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari 
d.      Menyampaikan kompetensi dasar yang akan
  dipelajari, beserta tujuan
  pembelajaran yang hendak dicapai yaitu dapat mampu menerapkan ajaran
  kesusilaan dari cerita yang didengarkan. 
e.       Guru
  menyampaikan cakupan materi pelajaran dan uraian kegiatan | 
a.       Siswa
  membalas salam dan atau berdoa 
     
  NK: Peduli sosial, Religius 
b.      Siswa memberitahukan jika ada
  siswa yang absen 
     
  NK: Disiplin, Kejujuran 
c.       Siswa
  menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru 
     
  NK: Tanggung jawab 
d.      Siswa memperhatikan, menyimak apa yang disampaikan oleh guru 
     
  NK: Disiplin 
e.       Siswa mempersiapkan diri untuk mengikuti
  kegiatan pembelajaran 
NK: Disiplin | 
| 
Kegiatan Inti (30 Menit) 
Eksplorasi  
a.       Guru meminta
  siswa membaca tentang materi prosa Bali purwa dan contoh prosa.  
b.      Guru meminta
  siswa untuk mengidentifikasi bagian-bagian yang mengandung emosi dalam cerita
  dan menemukan nilai kesusilaan yang ada pada cerita. | 
a.      
  Siswa membaca materi dan contoh prosa Bali purwa 
     
  NK: Disiplin, Gemar membaca 
b.      Siswa
  mengidentifikasi tentang bagian-bagian yang mengandung emosi dalam cerita dan
  menemukan nilai kesusilaan yang ada pada cerita   
      NK: Disiplin, Rasa Ingin Tahu | 
| 
Elaborasi 
a.       Guru meminta siswa membentuk
  kelompok dan mendiskusikan bagian-bagian yang mengandung emosi dalam cerita
  dan menemukan nilai kesusilaan yang ada pada cerita.  
b.      Guru
  menunjuk salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya. 
c.       Guru memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk
  menanggapi hasil diskusi dari kelompok yang telah mempresentasikan hasil
  diskusinya di depan kelas. | 
a.       Siswa membentuk kelompok dan langsung
  mendiskusikan  latihan yang diberikan. 
      NK: Disiplin, kreatif, tanggung Jawab,
  bekerjasama 
b.      Perwakilan
  kelompok maju untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok. 
NK: Disiplin, komunikatif,   menghargai perestasi 
c.       Siswa menanggapi penjelasan dari
  kelompok yang telah mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. 
      NK: Komunikatif, toleransi | 
| 
Konfirmasi  
a.    
   Guru memberikan            
           
  penghargaan bagi siswa  
           
  yang aktif dan mampu  
            menyelesaikan soal-soal dengan
  benar yaitu tentang bagian-bagian yang mengandung emosi dalam cerita dan
  menemukan nilai kesusilaan yang ada pada cerita. 
b.      Guru
  bersama siswa meluruskan     hasil
  diskusi yang masih keliru | 
a.      
  Siswa  antusias terhadap penghargaan yang
  diberikan oleh guru. 
NK: Disiplin, menghargai prestasi 
b.     
  Siswa bertanya bila masih ada masalah dan
  mendengarkan penjelasan guru. 
      NK: Disiplin | 
| 
Kegiatan Penutup (10 Menit) 
a.       Guru meminta siswa untuk menyimpulkan tentang apa yang telah dipelajari yaitu
  tentang bagian-bagian yang mengandung emosi dalam cerita dan menemukan nilai
  kesusilaan yang ada pada cerita. 
b.      Guru
  menanyakan siswa tentang bagian-bagian yang mengandung emosi dalam cerita dan
  menemukan nilai kesusilaan yang ada pada cerita. 
c.       Guru
  memberikan tes yang berkaitan tentang bagian-bagian yang mengandung emosi
  dalam cerita dan menemukan nilai kesusilaan yang ada pada cerita.  
d.      Guru memberikan soal-soal sebagai tugas
  untuk dikerjakan dirumah tentang 
  bagian-bagian yang mengandung emosi dalam cerita dan menemukan nilai
  kesusilaan yang ada pada cerita. | 
a.       Dengan bimbingan guru, siswa
  menyimpulkan materi yang telah dipelajari 
 NK: Tanggung jawab,  
 mandiri 
b.      Siswa
  bertanya apabila belum mengerti apa yang sudah dijelaskan yaitu tentang bagian-bagian
  yang mengandung emosi dalam cerita dan menemukan nilai kesusilaan yang ada
  pada cerita. 
NK: Disiplin 
c.      
  Siswa
  mencatat soal-soal yang diberikan guru yaitu
  terkait tentang  bagian-bagian yang mengandung emosi
  dalam cerita dan menemukan nilai kesusilaan yang ada pada cerita.   
  NK: Disiplin, tanggung jawab | 
X.      Penilaian Hasil Belajar :
1.   
Teknik Penilaian       : 
Tertulis
2.   
Bentuk Soal              : 
Uraian 
3.   
Contoh
Soal              :  
1)   Sasampune
wusan ngawacen satua aring ajeng, nilai kesusilaan napi sane prasida kaambil
saking satua punika !
2)   Napi
sane kabaos prosa?
3)   Indayang
sambatang pragina sane wenten ring satua punika?
4)   Paragragraf
kaping kuda medaging emosi ring satua punika?
5)   Indayang
sambatang kalih conto sane rumasuk ring prosa Bali purwa?
4.   
Pedoman
penskoran :
| 
Soal | 
Skor | 
| 
1 | 
30 | 
| 
2 | 
20 | 
| 
3 | 
15 | 
| 
4 | 
15 | 
| 
5 | 
20 | 
5.   
Nilai
Siswa    :
Nilai
Maksimal  = 100
Nilai
Minimum  = 0
Nilai Siswa =  100
100
 100
100
6.   
Kunci
Jawaban         :
1)     
Neneten
dados iri hati ring timpal.
2)     
Prosa
inggih punika kekawian sastra sane nenten kaiket antuk uger-uger sastra.
3)     
Men
tiwas, pan tiwas, men sugih, pan sugih 
4)     
Paragraf
kaping tiga 
5)     
Wiracarita,
Babad
7.   
Penugasan
terstruktur (PT) / Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)
·     
Indayang
rereh siki conto satua Bali tur tentuang nilai kesusilaan sane wenten ring
satua punika!
XI.    Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Alat                    : White Board, Spidol, LCD, laptop, power point
Bahan                :
-
Sumber Belajar  : Buku Widia Sari SMA/SMK kelas X Percetakan Dany Ari Denpasar , LKS Rijasa bahasa Bali kelas X Penerbit Tri Agung.
Mengetahui,                                                                                    Mangupura, 16 Juli 2014
Kepala SMK Kesehatan Bali Khresna
Medika                              Guru Mata Pelajaran
                                                                                                            I
Wayan Suardika, S.Pd                    

MANTAP
BalasHapus